Harga Emas Hari Ini – Penyebab Harga Emas Naik/Turun

Harga Emas Hari Ini 2012 – Penyebab harga Emas Naik Atau Turun. Sejak 3 tahun terakhir harga emas terus mengalami kenaikan mencapai 26 persen per troy ons dalam setiap tahun. Pada tahun 2011 harga emas menyentuk nilai 1.920 dollar AS per troy ons. Penyebab kenaikan harga emas bisa disebabkan beberapa faktor termasuk aksi borong emas yang dilakukan para investor atau disebabkan kenaikan harga minyak dunia yang terus melambung namun secara umum kenaikan harga emas dipicu oleh ketidak pastian ekonomi dunia .

Hal itu juga diungkapkan para analis bahwa ketidak pastian ekonomi global masih akan mempertahankan sinyal bullish emas ke depan sehingga banyak para investor pemilik modal tetap melakukan aksi borong emas, karena sebagian besar masyarakat terutama para pemilik modal masih menilai emas sebagai salah satu cara investasi paling aman.

Harga Emas Hari ini 2012/Logam Mulia Per 10 Gram Dalam Dollar:

Harga Emas 10 Karat $ 239 / 10 Gram
Harga Emas 12 Karat $ 285 / 10 Gram
Harga Emas 14 Karat $ 330 / 10 Gram
Harga Emas 16 Karat $ 382 / 10 Gram
Harga Emas 18 Karat $ 427 / 10 Gram
Harga Emas 20 Karat $ 473 / 10 Gram
Harga Emas 22 Karat $ 524 / 10 Gram
Harga Emas 24 Karat $ 570 / 10 Gram

Untuk mengetahui harga emas 20, 22, 23 dan 24 karat dalam rupiah per gram bulan maret, april, mei dan seterusnya tunggu update berikutmya.
Berikut ini diantara sekian banyak Faktor penyebab harga emas naik/Turun adalah :

1. Aksi Para Spekulan
Naiknya harga emas (logam mulia) di pasaran dunia bisa juga terjadi ulah spekulan yang mencari untung dari pergerakan harga emas di pasaran international, biasanya dilakukan baik secara perorangan atau korporasi yang biasanya bermodal besar untuk mengamankan uang mereka dalam waktu cepat dengan cara aksi borong emas secara besar-besaran dan akibat nya emas akan melambung tinggi.

2. Adanya Manipulasi harga
Teori ini merupakan salah satu teori paling kontroversial selama 20 tahun terakhir yang sengaja disebarkan untuk memicu kenaikan harga dilingkungan pelaku pasar, karena pemerintah maupun pengelola dana melihat emas sebagai salah satu indikator sehat-tidaknya sebuah ekonomi negara sehingga manipulasi informasi dengan sengaja di hembuskan untuk mempengaruhi harga.

3. Pasokan Tidak mencukupi kebutuhan
Pasokan emas yang tidak mencukupi atau minat investor yang tinggi berpeluang menggerakan harga bahkan bisa menyebabkan harga terus naik. Menurut perkiraan World Gold Council kebutuhan pasar akan emas pertahun mengalami kenaikan hingga 12 persen sementara pasukan hanya tumbuh rata-rata 3 persen.

4. Investasi Aman
Emas merupakan portofolio teraman baik bagi para investor maupun institusi, sehingga jika terjadi ketidak seimbangan di pasar keuangan aksi borong emas bisa terjadi untuk mengalokasikan dananya.

5. Kondisi Keuangan Masyarakat Suatu Negara
Pengalaman seperti ini pernah terjadi pada tahun 1997-1998 ketika terjadi krisis moneter, pada saat itu masyarakt mengalami kepanikan finasial karena harga dollar yang melambung tinggi sehingga menyebabkan harga emas juga ikut naik, begitu juga sebaliknya jika kondisi keuangan suatu negara membaik, harga emas pun akan stabil

6. Kondisi Politik
Kondisi politik bisa mempengaruhi harga emas khususnya untuk permintaan dan penawaran emas secara lokal, terjadinya gejolak politik yang tidak menentu pada suatu nagara bisa mengakibatkan harga emas cendrung tidak stabil dan melambung hal itu memicu investor melakukan aksi beli emas, dan pada saat itu juga biasanya daya beli uang kertas akan ikut melemah tapi jika konsdisi politik kondusif dan stabil harga emas pun akan ikut stabil.

7. Menambah Cadangan Devisa Emas
Emas menjadi merupakan cadangan Devisa dan setiap negara dan bank sentral sudah dapat dipastikan memiliki cadangan devisa emas dan biasanya dalam bentuk emas batangan. Jika suatu pemerintahan bermaksud menambah cadangan devisanya otomatis akan berpengaruh terhadap harga emas terutama jika hal itu dilakukan negera-negara besar seperti eropa dan amerika maka akan berpengaruh pada harga logam mulia di pasar internasional.

Hal ini pernah dilakukan Bank central china beberapa waktu lalu (menjelang imlek)yang melakukan pembelian emas lebih besar dari biasanya yang berakibat pada kenaikan harga, saat ini china diperkirakan memiliki sekitar 2 persen cadangan emas dunia

Dalam beberapa tahun terakhir ini emas menjadi salah satu instrumen investasi yang dinilai aman dan banyak digandrungi para pemilik modal. karena itulah harga emas terus melonjak tajam yang membuat pencari untung melakukan investasi besar-besaran dan berspekulasi pada emas, hal itu pula yang menjadi penyebab emas cendrung tidak bisa turun bahkan cendrung naik dari tahun ke tahun.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter