Monday, July 2, 2012

Cara Membuat Masker Beras Untuk Memutihkan Kulit Secara Alami

Masker Beras menjadi salah satu cara memutihkan kulit baik wajah, tubuh maupun seluruh badan. Kecendrungan kaum wanita Indonesia untuk membuat kulitnya lebih putih, cerah dan bercahaya tak lepas dari kebiasaan dan asumsi masyarakat yang secara umum menilai bahwa wanita yang cantik adalah wanita yang berkulit putih bersih.

Pendapat itu tidak salamanya benar, karena perempuan dengan kulit gelap atau sawo matang asal mampu merawatnya dengan baik bisa tampil lebih cantik mempesona serta sedap dipandang mata dibanding wanita berkulit putih atau kuning langsat tapi tidak terawat dengan baik.

Saat ini sudah banyak produk pencerah kulit yang beredar dipasaran baik yang dikelola secara modern maupun secara tradisioanal, hal yang paling mengejutkan adalah ternyata ditengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini khususnya dibidang kecantikan, ternyata masih banyak wanita Indonesia yang lebih memilih produk tradisional berbahan alami.

Banyak produk pemutih yang banyak ditawarkan terbuat dari bahan-bahan alami yang dikelola dan dikemas secara modern baik dalam bentuk lotion maupun bentuk lainnya yang siap digunaan sehingga tidak perlu repot membuatnya sendiri.

Salah satu bahan yang juga bisa digunakan sebagai produk pemutih wajah atau tubuh adalah beras. Bahan yang biasanya dibuat nasi ini ternyata sangat baik baik untuk perawatan tubuh atau kulit wajah agar tampak lebih cerah

Hal itu dikerenakan adanya kandungan yang terdapat pada beras berupa squalane oil yang mampu melembabkan kulit serta membantu meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit, seperti diungkapkan Henny Maria Anastasia, konsultan spa & Salan pada Kompas saat peluncuran Citra Spotless White UV di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta pada tahun lalu.

Disamping kandungan squalane oil , beras juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksi dan Vitamin E yang juga sangat baik untuk kulit. Hal itu telah dibuktikan dari banyak penelitian secara ilmiah salah satunya oleh American Academy of Dermatology (AAD) yang mengungkapkan tentang manfaat vitamin E bagi kulit diantaranya adalah mampu menyegarkan dan meremajakan kulit serta mampu menahan paparan sinar ultraviolet yang akan membuat kulit kuring.

Nah, bagi anda yang tertarik menggunakan masker beras sebagai perawatan kulit wajah, anda bisa membuatnya sendiri, berikut ini cara yang bisa anda lakukan :

Bahan-Bahan:
1. Beras pulen : Beras yang bulirnya bening, menunjukan squalane oil tinggi
2. Air Mawar atau air melati
3. Wadah

Cara membuat:
1. Cuci beras sesuai dengan jumlah sesuai yang anda inginkan.
2. Lanjutkan dengan merendam beras yang telah dicuci tadi selama 12 jam
3. Kemudian angkat dari rendaman dn biarkan tiris (setengah kering)
4. Haluskan beras tadi bisa menggunaan blender atau gilingan lalu saring (tepung halus)
5. Tepung beras tadi masukan dalam wadah kemudian campur air mawar lalu aduk sampai berbentuk adonan yang bisa dibentuk bulat-bulat kecil
6. Tepung yang sudah dibuat bulatan kecil-kecil tadi dijemur sampai kering

Cara Menggunakan sebagai Masker/Lulur:
Setelah proses penjemuran dan bulatan mengering anda bisa gunakan dengan cara mengambil beberapa butir lalu campur dengan sedikit air bersih sampai menjadi pasta, kemudian oleskan pada wajah atau tubuh anda secara merata baik sebagai masker atau lulur. Gunakan cara ini 1 atau 2 kali dalam seminggu sesuai keperluan

Agar anda bisa membuat dan menggunakan masker secara teratur, sebaiknya buatlah bahan masker tadi yang kira-kira bisa digunakan dalam beberapa minggu (maksimal 4 minggu) sehingga jika sewaktu-waktu anda butuh, tinggal beras yang tadinya sudah dibuat bulatan diambil secukupnya untuk dijadikan pasta dan siap digunakan. Demikian cara dan proses pembuatan masker beras untuk perawatan dan memutihkan kulit wajah dan tubuh agar lebih putih, bercahaya dan cerah

No comments:

Post a Comment