Cara Menyembuhkan Panu Secara Alami Dengan Obat Tradisional

menyembuhkan panuPenyakit panu (Pitriyasis versikolor) merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang baik pria maupun wanita khususnya mereka yang selalu mengedepankan penampilan dalam pergaulan, karena penyakit ini meski tidak terasa sakit akan sangat berdampak dalam pergaulan sehari-hari sehingga banyak orang yang merasa khawatir jika sewaktu-waktu diwajahnya ditongkrongi panu apalagi jika membandel.

Cara Mengobati Panu, Jika panu terdapat pada wajah atau pada tempat lain yang tidak tertutup seperti pada lengan atau tangan akan membuat orang merasa terganggu dan merasa tidak percaya diri. Mungkin anda pernah merasakan hal itu atau pernah mendengar pada saat orang mengatakan pada temannya “ ih Panuan” , meski perkataan seperti itu terkadang hanya dilontarkan dengan nada bercanda cukup membuat diri kita merasa risih dan kurang percaya diri.

Bukan hanya itu dampak panuan, bisa jadi kita dijauhi karena merasa orang lain takut tertular dan penyakit ini diyakini bisa menular melalui keringat lewat sentuhan kulit berkeringat yang sudah terinfeksi jamur atau melalui pakaian dan handuk

Penyebab Panu
Timbulnya panu pada kulit dikerenakan adanya jamur Malassezia Furfur. Penyakit ini pada awalnya ditandai munculnya perubahan warna kulit menjadi lebih putih agak kemerahan atau kecoklatan tampak seperti besisik dan menimbulkan rasa gatal pada saat berkeringat.

Panu biasanya kan sangat menyukai kondisi udara lembab dan panas, meski ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan timbulnya panu misalnya penggunaan pil KB, faktor keturunan termasuk penggunaan obat golongan steroid model obat yang berfungsi sebagai obat antialergi anti-inflamasi juga dapat memicu timbulnya panu

Gejala Panu
Panu bisa dikenali dengan adanya bercak dengan warna berbeda pada kulit, tampak lebih putih atau kemerahan bagi orang yang memiliki kulit putih dan bisa jadi tidak akan gatal pada tahap pertumbuhan awal. Namun jika sudah tergolong parah akan terasa gatal terlebih jika tubuh berkeringat. Sedangkan bagi penderita dengan kulit gelap akan tampak warna agak keputih-putihan(Pityriasis versicolor).

Jika panu terdapat pada area kulit tertutup dibalik lengan baju misalnya atau pada tubuh lainnya yang tertutup bercaknya akan tampak berwarna kecoklatan atau kehitam-hitaman (Pityriasis versicolor nigra).Panu memiliki banyak warna dan bervariasi karena itu pula panu disebut Pityriasis versicolor.

Cara Menyembuhkan Panu
Ada bayak cara bisa dilakukan untuk mengobati panu membandel mulai dari penggunaan salep kulit yang mengandung selenium sulfide atau salep-salep sodium sulfacetamide, ciclopiroxolamine, azole, atau allylamine antifungals juga dapat menjadi pilihan.

Kali ini kita akan membahas cara mengobati panu secara alami dengan bahan-bahan herbal /tradisional (alami):

1. Bawang Putih
Caranya: cukup ambil 1 atau 2 siung bawang putih lalu dipotong lalu gosokan pada bagian yang terkena panu, lakukan pagi da sore secara teratur sampai panu hilang, biasanya ditandai terkelupasnya kulit pada area panu yang tadi dioles menggunakan bawang putih

2. Lengkuas
Penggunaan lengkuas juga menjadi cara alami membasmi panu membandel, caranya 1 potong kecil lengkuas lalu tumbuk campur sedikit minyak tanah lalu oleskan pada bagian yang terkena panu.

3. Jeruk Nipis
Caranya, ambil satu buah jeruk nipis dan belerang, kemudian potong menjadi 2 atau empat bagian lalu celepkan pada belerang yang sudah disediakan, oleskan setiap habis mandi sampai panu sembuh.

Cara Mencegah Panu
'Lebih baik mencegah dari pada mengobati ' kalimat yang sering kita dengar meski terkadang sulit diterapkan. Mencegah timbulnya panu jika selama ini belum pernah menggunakan sabun yang mengandung antiseptik, sesekali tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan sabun antiseptik untuk menghilangkan kemungkinan timbulnya jamur penyebab panu pada tubuh, apalagi jika anda merasakan adanya gejala seperti rasa gatal pada saat berkeringat.

Usahakan tidak bertukar pakaian atau handuk dengan orang lain, terlebih dengan mereka yang memiliki masalah kulit termasuk panu karena bisa jadi akan berdampak kurang baik pada tubuh anda. Mudah-mudahan bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter